Senin, 06 Juni 2016

Make Money Blogging

Posted by Anithz Zone 23.23, under | 1 comment

Make Money Blogging


Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging

Posted: 06 Jun 2016 12:07 PM PDT

Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging adalah salah satu tulisan di Blogger Pemula Info 02 justhost 125x125 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar075x075 5 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar125 v3 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar2 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar

Dalam tulisan sebelumnya kita telah melakukan penggolongan keyword dalam bentuk pengertian keyword yaitu sebagai keyword pasar, keyword niche dan keyword micro niche. Penggolongan ini kita tetapkan berdasarkan jumlah pesaing keyword tersebut di Google, yaitu:

  • Keyword Pasar = Jumlah pesaing di google > 1.000.000
  • Keyword Niche = Jumlah pesaing di google < 1.000.000 dan > 50.000
  • Keyword Micro Niche = Jumlah pesaing di Google < 50.000

Namun kita belum membahas bagaimana menentukan jumlah pesaing dalam make money blogging tersebut di google. Buat blogger pemula yang belum paham, berikut adalah langkah-langkahnya:

Menghitung Jumlah Pesaing Keyword Di Google

Jumlah pesaing dalam make money blogging merupakan jumlah halaman yang benar-benar mengandung keyword berupa frase kunci yang dimaksud dan bukan masing-masing kata. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang benar-benar mengandung keyword berupa frase yang dimaksud, kita bisa menggunakan tanda petik (“) pada awal keyword atau pun pada awal dan akhir keyword tersebut.

Contoh Penggolongan Keyword Berdasarkan Jumlah Pesaing Di Google

Sebagai contoh penggolongan keyword kita akan mulai dengan menggunakan salah satu kata kunci yang saat ini sangat popular, yaitu Blackberry. Kita coba masukkan kata kunci "blackberry" di Google dan kita dapatkan jumlah pesaing 96.900.000.

jumlah pesaing keyword blackberry 300x82 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar

blackberry

Berdasarkan penggolongan keyword dalam make money blogging, kata kunci keyword ini kita kategorikan keyword pasar karena jumlah pesaing lebih dari 1.000.000. Bahkan kita bisa kategorikan sebagai Mega Pasar karena pesaingnya sangat banyak.

Keyword berupa kata kunci (hanya satu kata) seperti ini umumnya merupakan keyword pasar. Kita coba tambahkan kata lain sehingga menghasilkan frase kunci yang masih berhubungan. Kata kunci yang kita tambahkan sebaiknya merupakan kebutuhan dari pasar blackberry atau sesuatu yang menjawab permasalahan orang-orang yang mempunyai minat terhadap pasar tersebut.

Dalam hal blackberry misalnya aplikasi atau software untuk pengguna blackberry  yaitu “blackberry apps“. Kita coba ketikkan "blackberry apps" (dengan tanda petik) dan kita peroleh jumlah pesaing 462.000.

jumlah pesaing keyword blackberry apps 300x108 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar

blackberry apps

Berdasarkan penggolongan keyword dalam make money blogging, frase kunci (key phrase) ini kita kategorikan keyword niche karena jumlah pesaing kurang dari 1.000.000 dan lebih dari 50.000. Hasilnya akan berbeda bila kita tidak gunakan tanda petik karena jumlah pesaingnya ada 33.300.000 untuk gabungan kata kunci "blackberry" dan kata kunci "apps".

Karena dalam make money blogging keyword yang ingin kita gunakan adalah keyword micro niche maka jumlah pesaingnya harus kurang dari 50.000. Untuk itu kita coba tambahkan kata kunci lain yang masih membentuk satu frase yang berhubungan dan masih merupakan kebutuhan pencari frase "blackberry apps".

Pengguna blackberry yang mencari aplikasi blackberry tentunya lebih berminat dan membutuhkan software yang gratis, karena itu kita coba tambahkan kata kunci "freeware". Jika kita masukkan frase kunci "Blackberry Apps Freeware", maka jumlah pesaingnya hanya 1.640 sehingga bisa kita kategorikan "keyword micro niche".

jumlah pesaing keyword blackberry apps freeware 300x121 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar

blackberry apps freeware

Selain "blackberry apps freeware", kita bisa gunakan “blackberry apps review” (44.400 pesaing), "”blackberry apps list” (21.700), atau “blackberry apps for storm” (9).

Keyword-keyword tersebut adalah keyword potensial, namun pertanyaannya kemudian, apakah keyword-keyword tersebut merupakan keyword yang menguntungkan? Pertanyaan ini akan kita jawab kemudian, karena keyword-keyword tersebut baru memenuhi 2 kriteria keyword menguntungkan dalam make money blogging, yaitu:

  1. Merupakan keyword yang menjawab permasalahan atau memenuhi kebutuhan pasar.
  2. Merupakan keyword micro niche yang memiliki jumlah pesaing yang sedikit.

Kriteria lain keyword potensial yang menguntungkan dalam make money blogging masih ada beberapa, salah satunya adalah jumlah pencari keyword tersebut minimum 50 orang perhari atau 1500 per bulan. Kriteria-kriteria lain tersebut akan kita bahas dalam tulisan yang lain.

Kesimpulan

  1. Blackberry = keyword Pasar (Market Keyword)
  2. Blackberry Apps = keyword niche (Niche Keyword)
  3. Blackberry Apps Freeware = keyword micro niche (micro niche Keyword)
  4. Blackberry Apps Review = keyword micro niche (micro niche Keyword)
  5. Blackberry Apps List = keyword micro niche (micro niche Keyword)
  6. Blackberry Apps For Storm = keyword micro niche (micro niche Keyword)
  7. Masih dibutuhkan analisis keyword lebih dalam untuk menentukan keyword-keyword micro niche yang potensial tersebut merupakan keyword potensial yang  menguntungkan atau tidak.
 Contoh Penggolongan Keyword Di Google Dalam Make Money Blogging gambar

Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL

Posted: 06 Jun 2016 12:07 AM PDT

Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL adalah salah satu tulisan di Blogger Pemula Info 02 justhost 125x125 Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL gambar075x075 5 Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL gambar125 v3 Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL gambar2 Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL gambar

canonical url Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL gambar
image source:
seodesignsolutions.com

Pengertian Duplikat Konten

Sebagai blogger pemula kita mungkin hanya memahami pengertian duplikat konten sebagai duplikasi konten sebuah blog berupa tulisan yang diambil dari blog lain atau sumber lain, atau lebih populer di sebut copas (copy paste). Namun pengertian lebih tepat menurut wikipedia dan google sendiri adalah:

"alamat web yang berbeda ( “URL”) pada sebuah blog atau situs yang menampilkan konten yang identik"

Dengan pengertian duplikat konten seperti ini, banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa secara tidak sengaja kita telah membuat duplikat konten di blog kita sendiri. Duplikat konten dapat terbentuk ketika:

Tidak percaya? Silahkan baca langsung dari googlewebmaster http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2009/02/specify-your-canonical.html

Pengertian Canonical URL:

Pengertian Canonical URL menurut Wikipedia, Google dan mesin pencari lainnya adalah:

"Satu alamat URL web yang telah diberi label "canonical" sehingga dianggap sebagai URL "resmi" dari beberapa alamat URL lain yang memberikan konten yang identik."

Canonical URL akan mengarahkan mesin pencari untuk mengambil alamat web yang telah diberi tag "canonical" sebagai versi “resmi” atau “benar” dari alamat blog kita.

Sejarah Canonical URL

Untuk mengatasi masalah duplikat konten seperti di atas, Google secara resmi mengumumkan penggunaan fungsi label "canonical" pada 12 February 2009. Disusul oleh mesin pencari lain seperti Yahoo dan MSN. Namun tetap kita sebagai pemilik blog yang harus menentukan mana URL yang resmi dengan menambahkan label "canonical" tersebut. Dengan begitu, mesin pencari akan mengenali mana URL yang "resmi" dan tidak memperhitungkan URL yang lain.

Manfaat Canonical URL

Canonical URL akan menyebabkan Google untuk mengambil alamat web tersebut sebagai versi alamat web  yang “resmi” atau “benar”. Hal ini memberikan manfaat berupa:

  • Dalam SERP atau halaman hasil pencarian, yang ditampilkan hanya canonical URL
  • Menghindari masalah dilusi link dan juga dilusi Page Rank. Link dari situs lain yang mengarah ke konten blog kita menggunakan beragam URL akan dianggap menunjuk hanya ke canonical URL tersebut. Artinya, peringkat halaman blog kita di mesin pencari akan meningkat karena semua URL yang beragam akan mengalir dengan benar ke halaman yang seharusnya.
  • Saat ini, label "canonical" ini juga sudah berlaku untuk nama domain yang berbeda http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2009/12/handling-legitimate-cross-domain.html .

Cara menggunakan label "canonical"

Label "canonical" dapat berfungsi dengan aturan dasar link "relative (rel=)" dalam bentuk rel="canonical".  Cara penggunaan label "canonical" ini untuk sebuah link halaman atau postingan blog adalah dengan memasukkannya ke dalam bagian HEAD halaman blog tersebut dengan format berikut:

<link rel="canonical" href="http://www.contoh.com/halaman-resmi.html" />;

Ganti ” http://www.contoh.com/halaman-resmi.html ” dengan alamat blog kita yang sebenarnya. Ingat: kode harus masuk ke bagian HEAD halaman blog kita bukan di bagian BODY.

Masalahnya adalah, apakah memungkinkan menambahkan tag canonical ini di semua postingan dan halaman blog kita? Mungkin anda akan kesulitan bila harus menambahkannya secara manual satu per satu, namun ada beberapa cara yang bisa digunakan:

  1. Untuk pengguna platform blog wordpress.org, fungsi canonical ini sudah mulai diterapkan pada versi terbaru wordpress 2.9. Jika masih menggunakan versi lama atau sebelum 2.9 segera upgrade wordpress anda ke versi 2.9.
  2. Plugin All In One SEO Pack memiliki fitur dalam membantu menerapkan fungsi canonical. Install plugin ini dan aktifkan fitur canonical. Langkahnya bisa dilihat di Review dan Tips Optimasi Plugin SEO All In One SEO Pack
  3. Copy kode html berikut di bagian header blog anda tepat sebelum kode </HEAD>. Dengan kode ini, tiap halaman dan postingan akan memiliki canonical sendiri.

<link rel="canonical" href="<?php the_permalink() ?>" />

Ketiga cara diatas bisa digunakan semua agar lebih yakin atau pun hanya salah satu. Untuk mengetahui apakah blog kita sudah menerapkan “canonical” URL ini atau tidak, ikuti langkah berikut:

  1. Buka salah satu halaman blog kita di browser (mozilla firefox atau internet explorer).
  2. Klik kanan dan pilih “view source” (mozilla firefox) atau klik “View” dan pilih “Source” (Internet Explorer)
  3. Cari kata rel="canonical" di bagian header kode HTML blog kita.
  4. Bila ada dan diikuti dengan alamat URL halaman tersebut, berarti canonical sudah aktif
 Menghindari Duplikat Konten Dengan Fungsi Canonical URL gambar

1 comments:

Find out how 1,000's of people like YOU are making a LIVING online and are living their dreams right NOW.

Get daily ideas and guides for making $1,000s per day FROM HOME for FREE.

JOIN NOW

Posting Komentar

Laman

Entri Populer