Selasa, 17 Februari 2015

Make Money Blogging

Posted by Anithz Zone 23.21, under | No comments

Make Money Blogging


Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi-Fungsi Dasar

Posted: 17 Feb 2015 11:08 PM PST

Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi-Fungsi Dasar adalah salah satu tulisan di Blogger Pemula Info 02 justhost 125x125 Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar075x075 5 Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar125 v3 Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar2 Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar

101925 simple red glossy icon social media logos feedburner logo square Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar

feedburner glossy logo

Sebelum kita mengoptimalkan fungsi FeedBurner dan melakukan monetasi feed blog kita sebagai salah satu cara make money blogging, kita perlu mengetahui apa saja data yang ditelusuri oleh feedburner dan apa saja fungsi-fungsi dasar yang dimiliki oleh feedburner.

Fungsi-fungsi dasar ini bisa kita lihat dan analisis langsung dengan mudah karena ditampilkan dalam bentuk grafik chart dan statistik. Untuk mengetahui fungsi-fungsi dasar feedburner lebih jelas silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke  FeedBurner di feedburner.com atau feedburner.google.com. atau daftar dulu di feedburner dan dapatkan feed blog kita.
  2.  Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar

    gambar 1 daftar dan login untuk membuat feedburner

  3. Akan muncul tampilan daftar blog yang kita sudah daftarkan di feedburner. Klik judul blog yang ingin kita optimalkan.
  4.  Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar

    gambar 2 klik judul feed blog

  5. Halaman berikutnya akan langsung ke tab Analyze. Tab Analyze feedburner berfungsi untuk menganalisa statistik dan perkembangan feed kita. Ada 4 tab lain di feedburner yaitu “Optimize” untuk mengoptimalkan fungsi feedburner, “Publicize” untuk menampilkan logo, form, dan banner feedburner diblog kita, “Troubleshootize” bila kita menemukan masalah di feedburner, dan “monetize” untuk monetasi feed blog kita. What’s?? Menguangkan Feed Blog? Yah, feed blog kita bisa diuangkan, tapi hal tersebut kita akan bahas pada tulisan selanjutnya. Saat ini kita pahami dulu fungsi-fungsi dasar feedburner, yaitu item-item apa saja yang ditelusuri oleh feedburner. Ada 3 bagian pada tab analyze ini, yaitu Feed Stats, Headline Animator Stats, dan Configure Stats.

Analisis Data Statistik Feed Blog Kita Di FeedBurner Feed Stats

Feed Stats menampilkan grafik pelanggan blog kita. Ada 2 item dalam chart ini yaitu "subscribers" dan "reachs". Subscribers adalah jumlah pelanggan feed blog kita dan Reach adalah jumlah pelanggan yang melakukan aksi (view, klik, atau download) terhadap feed blog kita.

    langkah 6 Klik Feed Stats Untuk Melihat Statistik Feed Blog Kita Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar

    gambar 3 Klik Feed Stats

Seperti contoh gambar di atas, blog make money blogging ini memiliki 11 pelanggan (subscribers), 1 orang yang melakukan aktifitas, dan aktifitas yang dilakukan berupa melihat (view) 2 artikel blog make money blogging ini. Hayoo Ngaku, siapa yang melakukan ini ???.

Di bagian Feed Stats ini kita bisa lihat lebih detail pada 4 item lain, yaitu Subscribers, Item Use, Map Overlay, dan Uncommon Uses.

  • Subcribers: Pada bagian ini kita bisa menganalisis jumlah pelanggan blog kita, dari mana sumbernya, apa browser yang digunakan, platform reader dan aggregator yang digunakan, dan platform email yang digunakan untuk mendaftar. Email detailnya tidak diinformasikan oleh feedburner.
  • Item Use: Pada bagian ini kita bisa menganalisis aktifitas yang dilakukan pelanggan feed blog kita berapa jumlah artikel dan artikel yang mana yang dilihat, diklik dan didownload.
  • Map Overlay: Pada bagian ini kita bisa melihat data pelanggan blog kita berdasarkan lokasi.
  • Uncommon Uses: Pada bagian ini kita bisa menganalisis aktifitas lain dari pelanggan selain melihat, klik, dan download yang tidak umum.

Analisis Data Statistik Headline Animator Stats Feedburner

Bagian Headline Animator Stats berfungsi menampilkan jumlah tampilan dan jumlah klik yang orang lain lakukan terhadap Headline Animator blog kita. Headline Animator adalah banner animasi yang menampilkan judul blog kita dan judul 5 postingan terakhir blog kita secara animasi. Headline Animator ini bisa kita buat di bagian Tab Publicize atau langsung klik “provide your own” yang langkah-langkahnya akan kita bahas pada tulisan lain.

Konfigurasi Data Statistik Feed Blog Kita Di FeedBurner

Bagian Configure Stats bisa kita gunakan untuk mengatur apa saja yang ingin kita telusuri dari feed blog kita. Secara default 4 item sudah aktif ditelusuri. 3 item lain silahkan diaktifkan juga untuk menelusuri item yang dilihat, diklik, dan didownload.

Langkah 7 Klik Configure Sats untuk melakukan pengaturan penelusuran feed Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar

Gambar 5 Klik Configure Sats

Kesimpulan

Setelah memahami fungsi-fungsi dasar feedburner kita mengetahui item-item apa saja yang ditelusuri oleh feedburner dan membantu kita berupa statistik data dari item tersebut. Dengan mengetahui item-item tersebut kita bisa mengoptimalkan fungsi feedburner untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sehingga nantinya blog kita bisa kita lakukan monetasi. Bagaimana cara menguangkan blog kita (monetasi) dengan feedburner ini akan kita bahas ditulisan lain. Stay Tuned dengan Berlangganan Feed Blog Ini.. Hehehehhh…Happy Blogging.

Make Money Blogging @ Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi-Fungsi Dasar
 Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi Fungsi Dasar gambar

Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com

Posted: 17 Feb 2015 11:07 AM PST

Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com adalah salah satu tulisan di Blogger Pemula Info 02 justhost 125x125 Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com gambar075x075 5 Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com gambar125 v3 Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com gambar2 Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com gambar

Salah satu cara promosi blog gratis adalah melalui submit atau mengirim artikel ke situs direktori. Situs direktori artikel yang cukup terkenal di Indonesia adalah lintasberita.com yang memberikan cukup banyak pengunjung kepada para pemilik blog, terutama bila tulisan blog tersebut masuk ke daftar top 10 tulisan terpopuler.

Lintasberita.com menjadi situs tempat promosi yang baik karena situs ini ramai dikunjungi yang terlihat dengan alexa rank dibawah 5.000. Dengan google pagerank 4, lintasberita.com bisa menjadi sumber backlink yang berkualitas (quality backlink), karena situs ini menganut system dofollow. Meskipun backlink berkualitas tidak menjadi jaminan, namun meningkatkan jumlah pengunjung blog melalui promosi blog di lintasberita.com sudah dibuktikan oleh banyak teman blogger.

Langkah promosi blog di lintasberita.com

  1. Daftar sebagai member di http://www.lintasberita.com/register
  2. Lengkapi form pendaftaran dan klik "Daftar"
  3. Cek email dan klik link konfirmasi pendaftaran.
  4. Login ke http://www.lintasberita.com/login
  5. Klik "kirim media" yang ada di sebelah kanan atas halaman lintasberita.com
  6. Masukkan link tulisan atau artikel blog yang ingin dipromosikan dan pilih jenis tulisan (berita, foto, atau video).
  7. cara promosi blog dengan lintasberita 298x300 Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com gambar

    submit link artikel

  8. Klik "Kirim Sekarang"
  9. Masukkan judul artikel yang menarik dengan sedikit teknik linkbaiting, yaitu judul tulisan yang menarik pembaca untuk membaca tulisan tersebut.
  10. Berikan deskripsi tulisan yang dimasukkan yang juga bisa menarik pembaca untuk klik ke sumber tulisan langsung yaitu blog anda.
  11. Pilih kategori berita dari daftar yang ada.
  12. Pilih salah satu gambar yang ada di tulisan tersebut yang menarik buat pembaca.
  13. cara promosi blog dengan lintasberita 2 300x297 Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com gambar

    judul, deskripsi, kategori, dan gambar yang menarik

  14. Klik "kirim sekarang

Tips promosi blog di lintasberita.com

  1. Judul tulisan asli tidak harus sama dengan judul tulisan pada saat di kirim. Buat judul yang menarik dan membuat penasaran pembaca untuk mengunjungi langsung ke sumber tulisan.
  2. Deskripsi tulisan juga tidak harus sama dengan isi tulisan. Buat kata pengantar yang menarik agar pembaca penasaran mengunjungi tulisan sebenarnya.
  3. Pilih kategori yang banyak disukai. Umumnya adalah entertainment.
  4. Pilih gambar yang juga menarik buat pembaca.
  5. Tulisan yang laris di lintasberita.com adalah tulisan yang bernilai berita dan gossip.

Promosi blog dengan lintasberita.com ini efektif untuk blog dengan niche gossip dan berita terbaru. Namun tidak menutup kemungkinan untuk blog-blog lain seperti blog tutorial ini. Salah satu contoh tulisan blog ini yang laris di lintasberita.com adalah cara mengubah nama domain blog gratisan wordpress dan blogspot.

 Tips dan Cara Promosi Blog Di lintasberita.com gambar

Siapa Pemilik Blog Anda?

Posted: 16 Feb 2015 11:07 PM PST

Siapa Pemilik Blog Anda? adalah salah satu tulisan di Blogger Pemula Info 02 justhost 125x125 Siapa Pemilik Blog Anda? gambar075x075 5 Siapa Pemilik Blog Anda? gambar125 v3 Siapa Pemilik Blog Anda? gambar2 Siapa Pemilik Blog Anda? gambar

vtraffic 300x225 Siapa Pemilik Blog Anda? gambarPemilik Blog

Pertanyaan ini singgah ke inbox email penulis, dan cukup menarik perhatian.  Email ini sangat inspiratif dan membantu mengembalikan arah dari tujuan awal ngeblog di bloggerpemula ini. Karenanya penulis merasa perlu untuk kita coba bahas ulang disini. Sedikit pertanyaan yang tidak biasa kan? Tentu saja, kita yang memiliki blog kita masing-masing. Atau mungkinkah orang lain?

Sebelum memberi beberapa bahan untuk dipikirkan, mari kita meninjau apa yang telah kita pelajari sejauh ini. Kita mulai dengan pengaturan harapan yang benar dengan menentukan alasan dan tujuan kita ngeblog. Meski beberapa orang kurang menyukainya, namun hal itu sangat penting untuk keberhasilan blog kita.trans Siapa Pemilik Blog Anda? gambar

Kita juga telah belajar TIPS Memilih Niche Blog dan Keyword Potensial dan bagaimana melakukan riset pasar dan menghabiskan beberapa waktu memeriksa apa yang orang lain telah dilakukan di niche pasar kita. Yang pasti memberikan kita beberapa ide tentang bagaimana mendekati target kita.

Berikutnya kita telah membahas tips cara memilih nama domain yang baik, memilih platform software blog, dan memilih tema WordPress. Setelahnya,  kita lakukan optimasi blog dan membuatnya ramah SEO. Dan itulah dasar dari segala sesuatu yang akan kita bangun selanjutnya.

Kita juga telah belajar dan menghabiskan beberapa waktu untuk menciptakan isi utama dengan menggunakan 6 strategi menulis artikel pilar blog. Isi utama adalah hal yang perlu diperhatikan dari blog kita. Kita memberikan yang terbaik karena orang-orang mungkin memutuskan pergi atau tetap tinggal di blog kita didasarkan pada kualitas dari konten yang kita tawarkan.

Kita harus sibuk memproduksi lebih banyak konten. Yang membuat orang-orang datang kembali ke blog kita. Dengan begitu kita juga memberi lebih banyak halaman untuk diindeks oleh mesin pencari.

Selain itu, kita juga telah belajar dan menerapkan monetasi blog kita dan melakukan promosi blog untuk meningkatkan dan mempertahankan trafik blog kita.

Karena itu, mungkin saatnya sekarang kita berhenti sejenak dan mencoba bertanya pada diri sendiri. Siapa pemilik blog kita? Ini bukan pertanyaan jebakan. Untuk beberapa blogger, mereka adalah pemiliknya. Mereka melakukan apa yang mereka ingin lakukan dengan blognya itu.  Mereka bisa posting tentang apa saja asalkan mereka menikmatinya.  Dan tidak ada yang salah dengan hal itu. Pengertian Blog bagi sebagian orang adalah sebuah personal publishing platform atau sebuah jurnal.

Tetapi jika kita serius dalam make money blogging kita harus tahu strategi ini. Sebagai contoh saja, satu atau lebih posting tentang kucing peliharaan kita dapat membentuk ikatan dengan pembaca kita, meskipun kita belum tentu ingin mengubahnya menjadi sebuah blog kucing. Kecuali memang tujuannya adalah sebuah blog tentang kucing.

Pertanyaan ini kembali berulang, Siapa yang sebenarnya memiliki blog Anda? Anda tentu saja. Itu jawaban yang singkat. Tapi akan membantu jika kita sedikit memberikan kepemilikan blog kita (bukan sepenuhnya) kepada pembaca. Yah, pembaca adalah pemilik blog kita.

Mengapa saya berpikir begitu? Pikirkan tentang hal ini. Jika kita yang memiliki blog kita, kita cenderung untuk menutup mata kita dan tidak mau menerima masukan dan kritikan. namun jika kita mengalihkan kepemilikan ke pembaca kita, kita akan mendapati cukup banyak hal yang berbeda.

Mungkin kita membuat formulir kontak lebih terlihat sehingga pembaca dapat menyampaikan umpan balik apa pun. Kita meminta pengunjung untuk mengirimkan laporan bug atau error sehingga kita dapat memperbaikinya. Kita juga membalas setiap komentar jika diperlukan. Karena blog adalah milik mereka dan kita ingin melayani mereka dengan layak.

Jika anda menelusuri minimal 20 situs per hari, anda pasti tahu apa yang kita sedang bicarakan. Daripada membaca setiap kata, kita melompat dari satu hal ke hal lainnya. Kita hanya menghabiskan beberapa detik sebelum menekan tombol “back” pada browser. Mengapa kita (dan kebanyakan orang) melakukan hal itu? Kemungkinan karena mereka terus-menerus mencari akan sesuatu yang mereka butuhkan dan membuat mereka merasa memiliki.

Saya yakin ada sebuah blog, atau forum, atau situs sosial, yang anda kunjungi setiap hari,  menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca setiap posting, memberikan komentar lengkap, memberikan masukan, dll. Itu karena anda merasa memiliki dan ingin menjadi bagian dari situs tersebut sehingga anda ingin membuatnya lebih baik.

Bagaimana kita mendorong kepemilikan?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita mendorong kepemilikan? Bagaimana kita membuat pembaca blog kita adalah blog mereka?

Hal utama dan pertama tentunya adalah konten. Konten yang baik. Selain itu ada banyak cara yang bisa kita gunakan. Kita bisa memasang avatar setiap komentator agar gambar atau foto mereka terlihat di blog kita. Anda juga bisa menggunakan kata “kita” seperti yang sering digunakan di blog ini untuk menyatakan blog ini adalah blog milik penulis dan juga pembaca dibanding kata “Anda” dan “Saya”.

Menghargai komentar dan umpan balik yang diberikan pembaca blog kita juga merupakan salah satu hal utama, meskipun kita harus hati-hati menerima maupun menolaknya. Jika kita mengikuti setiap saran tentunya akan sangat sulit karena setiap saran belum tentu sesuai dengan keinginan pembaca blog kita yang lain. Misalnya ketika kita menerima beberapa komentar dan email yang meminta untuk membuat postingan menjadi pendek dan membagi artikel panjang menjadi beberapa seri artikel. Memang terdengar baik namun belum tentu merupakan keinginan mayoritas pembaca. Bila diteliti lebih lanjut bisa jadi proposisi nilai dari blog kita adalah kualitas artikel dan kelengkapan.

Ada banyak cara lain membangun kepemilikan blog kepada pembaca dan pelanggan blog kita. Silahkan ditambahkan bila ada ide lain agar bisa kita bahas ditulisan yang lain secara lebih detail.

 Siapa Pemilik Blog Anda? gambar

0 comments:

Posting Komentar

Laman

Entri Populer